Konsep Historical Cost



Konsep Historical Cost

Selama ini kita mengetahui historical cost adalah nilai perolehan atas suatu aset. nah timbulnya historical cost itu ternyata untuk "menengahi" perbedaan persepsi yang ada di antara dua pemikiran. pemikiran pertama yaitu bahwa suatu aset itu dinilai berdasarkan "replacement cost atau entry value" dan pemikiran kedua yaitu suatu aset sebaiknya dinilai berdasarkan "exit value atau net realizable value"

Entry value muncul dari pandangan bahwa suatu aset dinilai berdasarkan jumlah yang dibayar pada saat diperoleh. replacement cost menggunakan penilaian biaya penggantian saat ini dalam laporan keuangan. replacementcost akan akan selalu memiliki nilai lebih tinggi, pertama karena penjualan aset akan menghasilkan nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan suatu entitas yang memang melakukan jual beli aset. yang kedua biaya penjualan akan mengurangi net realizable valuereplacement cost ideal digunakan apabila nilai pasar tersedia untuk aset yang bersangkutan. nilai pasar sering tidak tersedia untuk aset tetap seperti tanah, gedung dan peralatan berat tertentu yang dimanfaatkan oleh suatu entitas. pertimbangan tersebut yang akhirnya mendorong penilaian aset ke exit valuation system.
 
Exit value muncul dari pandangan bahwa suatu aset dinilai berdasarkan jumlah yang diterima oleh entitas pada saat aset tersebut dijual. pendekatan ini berorientasi pada neraca. aset dinilai sebesar jumalh yang dapat direalisasikan pada saat aset dilepas pada saat operasi normal suatu entitas daripada dinilai pada saat proses likuidasi. kelebihan dari pandangan ini adalah bahwa informasi yang disajikannya adalah relevan namun pendapat lain yang relevan dan bertentangan mengatakan bahwa "seberapa berguna pengukuran net realizable value" ini untuk mengukur aset tetap apabila suatu entitas cenderung untuk menahan dan memanfaatkannya untuk memperoleh pendapatan yang maksimal di masa yang akan datang ? (adanya depresiasi).

Kedua macam pendapat tersebut saling bertentangan dan akhirnya mendorong orang untuk memilih historical cost sebagai dasar penilaian aset tetap yang lebih dapat diandalkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Current Value

Transaksi Antar Entitas

SAL vs Ekuitas