Current Value



Current Value, dalam akuntansi, istilah ini digunakan untuk penyajian angka dalam laporan keuangan mengacu yang mengacu pada nilai saat ini. Terdapat dua macam penilaian current value dalam laporan keuangan yaitu exit value atau net realizable value dan entry value atau replacement cost.

Exit value atau net realizable value,  suatu aset seyogyanya dinilai berdasarkan jumlah yang diterima oleh suatu entitas pada saat aset tersebut akan dijual/dilepas dalam kegiatan normal suatu entitas dan bukan pada saat proses likuidasi. Kelebihan penggunaan metode ini adalah bahwa informasi yang disajikan lebih relevan dan penyajian informasi likuiditas bersih suatu entitas yang semakin besar. Namun disisi lain, timbul pertanyaan mengenai seberapa besar manfaat metode ini untuk mengukur aset tetap, apabila aset tersebut tetap dipelihara dan dimanfaatkan untuk tujuan menghasilkan pendapatan dimasa yang akan datang.

Entry Value atau replacement cost, aset dinilai sebesar biaya penggantian yaitu nilai pasar saat pelaporan keuangan. Replacement cost kadang-kadang memiliki nilai lebih tinggi karena penjualan suatu aset akan menghasilkan nilai jual yang lebih rendah dan juga perlu mengurangkan biaya pelepasan aset tersebut untuk mendapatkan net realizable value-nya
Replacement cost ideal digunakan apabila nilai pasar tersedia untuk aset jenis aset yang sama misalnya untuk jenis persediaan barang maupun bahan baku untuk proses produksi. Namun untuk jenis aset tetap seperti tanah, gedung dan peralatan tertentu yang dimanfaatkan oleh suatu entitas, nilai pasarnya sering tidak tersedia. (200717)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transaksi Antar Entitas

SAL vs Ekuitas